Sunday, September 15, 2013

Mundur untuk Menerobos.

Setiap manusia pasti mempunyai keinginan untuk melakukan terobosan dalam hidupnya dan merubah hidupnya menjadi lebih baik. Tapi masalahnya, kenapa ada sebagian orang yang ingin melakukan terobosan dalam hidup mereka namun mereka tidak bisa? Ternyata masalahnya terletak pada sifat buruk manusia tersebut. Banyak yang ingin berubah, tetapi sedikit yang mau berkorban untuk menghancurkan kebiasaan lama yang selalu menghambat perkembangan mereka.

Kejadian diatas, bisa saya simpulkan seperti sebuah negara yang ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia sepakbola. Untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepakbola, banyak syarat yang harus dipenuhi. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah jumlah kapasitas kursi penonton di setiap stadion. Stadion yang akan dijadikan sebagai pembuka ataupun penutup Piala Dunia harus memenuhi standard kapasitas minimal 65.000 kursi keatas. Apabila stadion di negara penyelenggara tidak memenuhi standard FIFA, maka pemerintah di negara tersebut harus me- rekonstruksi kembali stadion yang telah ada. Apabila awalnya stadion tersebut berkapasitas dibawah 65.000 kursi, maka stadion tersebut akan dirancang kembali supaya bisa memenuhi standard FIFA. Pada saat proses perancangan kembali stadion yang telah ada, maka mau tidak mau, suka tidak suka, stadion tersebut harus dihancurkan kembali supaya bisa dibangun kembali sehingga bisa memenuhi standard FIFA.

Sama halnya dengan hidup kita. Apabila kita ingin melakukan terobosan dalam hidup kita, kadang kala kita perlu me- rekontruksi hidup kita. Seperti yang dikatakan oleh John C Maxwell, “untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, kadang kala kita perlu mundur 1 langkah kebelakang untuk kemajuan 3 langkah kedepan”. Ya, betul sekali. Kadang kala, untuk melakukan terobosan dalam hidup kita, kita perlu mundur 1 langkah untuk kemajuan beberapa langkah kedepan. Ibaratnya seperti ini, mungkin saat ini Anda sudah berada di satu kondisi yang Anda rasa sudah nyaman, istilah saya adalah Anda sedang berada di ‘zona nyaman’, tapi disisi lain anda memiliki keinginan untuk melakukan terobosan dalam hidup Anda supaya hidup Anda menjadi lebih baik, tapi kenapa terobosan hidup yang Anda inginkan tidak bisa tercapai.

Apabila Anda berada di posisi tersebut, ada baiknya Anda keluar dari ‘zona nyaman’ Anda atau istilahnya mundur  1 langkah kebelakang, supaya Anda bisa maju beberapa langkah kedepan. Di dalam seminar saya, saya sering memberi ilustrasi seperti ini, pada saat kita ingin melompat keatas, supaya mendapatkan hasil yang maksimal, kita pasti akan menekuk kedua lutut kita sembari mengambil ancang – ancang supaya lompatan kita bisa lebih tinggi.

Ya, kadang untuk melakukan terobosan hidup, kita perlu merekonstruksi ulang hidup kita. Maksudnya adalah, untuk mencapai sesuatu yang lebih bagus, kita harus menghancurkan kebiasaan lama / meninggalkan kebiasaan lama untuk menuju masa depan yang lebih baik.


Semoga bermanfaat,

Salam Super Dahsyat dan Tetap Semangat.

Ardy Luhur
Inspirator - Entrepreneur
@LUHURMotivation      
www.luhurmotivation.com

Untuk informasi Seminar dan Pelatihan karyawan dan staff di perusahaan Anda, dapat menghubungi Yenny di 0811 608 0501.

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment