Tuesday, May 13, 2014

10 cara berpikir trilyuner ala Donald Trump

Sumber : Buku “Berpikir & Berjiwa Trilyuner” by Donald Trump.

Di dunia yang berpenduduk lebih kurang 6M orang, hanya ada lebih kurang 500-an trilyuner. Itu adalah klub yang ekslusif. Ingin bergabung dengan klub ekslusif tersebut?

Donald Trump (salah satu orang terkaya di dunia) akan memaparkan rahasia bagaimana dia bisa menjadi seorang trilyuner. Berikut ini adalah 10 cara berpikir trilyuner ala Donald Trump :

1.       Saya tidak berlibur.
Apa gunanya? Jika tidak menikmati pekerjaan tersebut, maka Anda sedang berada di tempat yang salah. Bahkan ketika bermain golf, saya sedang berbisnis. Saya tidak pernah berhenti dan biasanya menikmati saat – saat tersebut.

2.       Memiliki jangkauan perhatian yang cepat.
Kebanyakan orang sukses memiliki jangkauan perhatian yang cepat. Itu sangat berhubungan dengan imajinasi. Seringkali, saya diajak bertemu seseorang dan akan tahu apa yang akan mereka katakan. Setelah tiga kata pertama keluar dari mulut mereka, saya dapat menebak empat puluh kata berikutnya yang akan dikatakan. Jadi saya berusaha mempercepat pembicaraannya dan menyelesaikan pembicaraan. Anda dapat menyelesaikan lebih banyak hal dengan lebih cepat dengan cara seperti itu.

3.       Jangan tidur lebih banyak dari yang seharusnya.
Biasanya saya tidur kira2 empat jam per malam. Saya tidur pukul 1 pagi dan bangun untuk membaca surat kabar pukul 5 pagi. Itu sudah cukup, dan ini memberi saya keuntungan dalam hal waktu. Saya memiliki teman yang sukses dan tidur sepuluh jam per malam, dan saya bertanya kepada mereka, “Bagaimana kamu bisa bersaing dengan orang seperti saya kalau saya hanya tidur empat jam sehari?” Itu jarang bisa dilakukan. Tidak peduli betapa pandainya Anda, waktu berbisnis tidak cukup dalam sehari.

4.       Jangan tergantung pada teknologi.
Banyak teknologi yang tidak diperlukan dan terlalu mahal. Saya tidak memiliki komputer di meja saya. Saya tidak menggunakan intercom. Ketika meminta seseorang menemui saya, saya berteriak. Itu lebih berhasil dari intercom dan lebih cepat. Dan apabila Anda memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan, lihat mata orang tersebut dan katakan saja langsung di depannya. Jika Anda tidak bisa kesana, angkat telepon dan pastikan mereka mendengar suara Anda. E-mail itu untuk para pengecut.

5.       Anggap diri Anda sebagai seorang tentara yang berjuang sendiri.
Anda tidak hanya sebagai komandan, tetapi sebagai pasukan. Orang selalu membandingkan bisnis dengan perang dan olahraga.  Kita menggunakannya karena analogi ini dengan cepat dapat dimengerti, bukan karena bisnis adalah tentang kekuatan. Intinya dalam berbisnis lebih baik menjadi pandai daripada kuat.

6.       Seringkali merupakan suatu keuntungan untuk diremehkan.
Jangan sampai orang berpikir Anda adalah seorang pecundang. Tetapi juga tidak baik jika mereka berpikir bahwa Anda adalah orang terpandai di suatu ruangan. Salah satu contohnya adalah Presiden Reagan. Reagen berhasil menjadi kandidat terbaik bagi gedung putih karena para pesaing selalu salah menilai dia. Mereka mengira seorang aktor tidak akan mampu bersaing. Selama tahun – tahun penghinaan terhadap kurangnya kepandaiannya serta pengalaman politiknya, Reagan akan tersenyum dan tetap ramah, dan pada akhirnya, ia selalu melebihi dari yang diharapkan.

7.       Sukses menghasilkan sukses.
Cara terbaik mengesankan orang adalah dengan hasil. Mudah bagi saya bertransaksi karena telah memiliki banyak prestasi kemenangan. Anda harus menciptakan kesuksesan untuk mengesankan orang di dunia bisnis. Jika masih muda dan belum berprestasi, maka anda harus menciptakan kesan sukses. Tidak peduli apakah sukses tersebut kecil atau besar, anda harus memulai sesuatu dan membangun diatasnya.

8.       Memiliki banyak teman itu bagus, tetapi keluarga lebih utama.
Lebih baik mempercayai keluarga daripada teman. Ketika masih muda, saya berkata kepada seseorang yang memiliki bisnis sangat besar, “Apakah kamu masih terus bertemu dengan kakak dan adik – adikmu?” Orang itu menatap saya dan berkata, “Ya, tentu saja Donald, saya bertemu mereka di pengadilan.” Itu sangat mempengaruhi saya. Saya selalu berusaha dekat dengan kakak, adik, anak, dan mantan istri.

9.       Perlakukan setiap keputusan seperti percintaan.
Keuntungan yang sangat besar terakumulasi melalui banyaknya keputusan perhari, ribuan perbulan, dan ratusan demi ratusan dalam karir. Namun setiap keputusan memiliki perbedaan dan kekhususannya sendiri. Kadang kala Anda memutuskan dengan segera (cinta pada pandangan pertama), kadang – kadang perlahan – lahan (pertunangan yang panjang), kadang Anda melakukan rapat untuk mengambil sebuah keputusan (sama dengan ketika bertanya kepada teman apa pendapat mereka tentang orang yang diajak kencan). Jika memperlakukan setiap keputusan seperti percintaan yakni dengan jujur, hormat dan pantas; maka anda tidak akan terjebak dalam sistem yang baku. Kadang – kadang Anda akan berpikir dengan otak, dan di lain kesempatan mungkin anda akan mengambil keputusan dengan gairah.

10.    Bersikaplah selalu ingin tahu.
Seorang yang sukses selalu ingin tahu. Saya tidak tahu mengapa ini benar, tapi itulah yang terjadi. Anda harus mengenali sekeliling dan haus akan informasi di dunia. Kalau tidak, Anda akan kehilangan wawasan.

Semoga bermanfaat.

Salam Super Dahsyat dan Tetap Semangat.

Ardy Luhur
Motivator - Inspirator
Entrepreneur Muda
www.luhurmotivation.com
Email                     : luhurmotivation@gmail.com
Twitter                 : @LUHURMotivation
Fanpage               : Luhur Motivation         


Untuk informasi Seminar dan Pelatihan karyawan dan staff di perusahaan Anda dapat menghubungi 0811 608 0501.

No comments:

Post a Comment