Monday, August 1, 2016

‘Siluman’ yang Ngotot.

Dalam 10 tahun terakhir ini, cabang olahraga Wushu semakin di kenal di khalayak masyarakat Indonesia. Banyak atilt – atlit nasional Indonesia yang berprestasi di cabang olahraga ini. Dari sekian banyak atlit, ada 1 atlit wushu yang saya kenal. Namaya adalah Aldy Lukman berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Saya pribadi kenal Aldy sejak kecil. Kami berdua selalu satu kelas dari TK sampai tamat sekolah. Kami sering memanggil Aldy dengan si ‘Lukman’ alias ‘siluman’. J Kata yang paling tepat untuk mendeskripsikan si ‘Lukman’ adalah ‘Aktif’.  Maksud aktif disini adalah orangnya tidak bisa duduk diam atau dengan kata lain suka bergerak. Mungkin melihat sifat anaknya yang aktif itu, orang tua Aldy memasukan Aldy ke olahraga wushu karena merasa dia punya potensi di bidang tersebut.
2x meraih medali Emas di Sea Games yaitu tepatnya di tahun 2009 dan 2011, dan peringkat  9 dunia adalah puncak prestasi yang pernah diraih oleh si ‘Lukman’. Prestasi yang sangat Luar biasa ini diraih bukan karena keberuntungan semata, melainkan persiapan yang sangat matang. Perlu di ketahui, Aldy sudah berlatih wushu sejak kelas 6 SD. Dia membayar harga untuk berlatih sejak kecil. Padahal, Aldy punya banyak alasan untuk tidak mau berlatih wushu pada saat kecil. Tapi, semua itu tidak dijadikan alasan untuk tidak berprestasi di bidang wushu.

Beberapa waktu yang lalu, pada saat kita berjumpa dan makan siang bersama, saya penasaran atas prestasi – prestasi yang diraih oleh si ‘Lukman’. Akhirnya saya menanyakan rahasia kesuksesan dari si ‘Lukman’. Fokus, adalah kata pertama yang keluar dari mulut si ‘Lukman’. “Dari dulu saya hanya fokus pada 1 bidang yaitu wushu”. Lukman juga mengatakan,”target jangan terlalu banyak, cukup satu saja, karena kalau terlalu banyak, nanti kita kebingungan mau capai yang mana dan akhirnya tidak ada satu pun yang tercapai”. Selain itu, dia juga memaparkan bahwa keberhasilannya bukan di raih dari sebuah keberuntungan, melainkan persiapan yang sudah dilakukan setiap hari selama bertahun – tahun.

Apa yang bisa kita pelajari dari si ‘Lukman’?

Apapun profesi anda sekarang, anda harus fokus. Target juga jangan terlalu banyak, cukup satu dan setelah mencapai  target tersebut baru kita membuat target lainnya. Dan untuk menciptakan keberuntungan, kita harus melakukan persiapan yang matang. Karena kita tahu, kesempatan bisa datang secara tiba – tiba, dan pada saat ada kesempatan, apakah anda sudah siap menyambut kesempatan tersebut?

Seperti yang dilakukan oleh Aldy, dia sudah melakukan persiapan selama bertahun – tahun, dan pada saat kesempatan datang (Sea Games) akhirnya Aldy bisa meraih medali Emas di ajang tersebut.

Semoga bermanfaat,

Salam Super Dahsyat dan Tetap Semangat.


Ardy Luhur
Inspirator - Entrepreneur
Penulis '24 Hours Inspiration Book'
@LUHURMotivation      
www.luhurmotivation.com

Untuk informasi Seminar & Pelatihan karyawan dan staff di perusahaan Anda dapat menghubungi Yenny di 0811 608 0501.

Terima kasih.


No comments:

Post a Comment